met malem
karena sudah lama tidak update blog maka saat ini admin akan memberi tahu Cara menaikkan stroke pada honda Grand, Supra atau mesin generasi type C100 bukan cuma dengan bore up
saja, trik naik stroke atau tambah langkah piston bisa ditempuh lewat
cara menggeser lubang kruk as (big end) pakai mesin bubut, atau bisa
juga pasang stang seher big end offset.
Sayang
tidak banyak volume silinder yang bisa didapat maklum lingkar kruk as
Supra relatif kecil. Belum lagi resiko balans kruk as berubah akibatnya
mesin jadi bergetar tinggi. Jangan ragu lagi saya akan menshare dua
tehnik berbeda tetapi punya cara yang sama yaitu mengaplikasi kruk as
dari motor lain yang bisa masuk ke crankcase Supra atau Grand.
Cara naik stroke Honda Supra 100cc
1. Pakai kruk as motor cina/mocin, tips comot kruk as mona ini, alasannya
kan mesin mona mirip grand tapi ini yang versi 110 cc, tapi disarankan
pakai blok selinder dan rantai keteng Legenda atau Supra Fit yang lebih
tinggi tujuannya supaya tidak pasang paking aluminium tebal pengganjal
di crankcase atau dipantat blok silinder. Kruk as ini mempunyai langkah
55 mm atau naik 5,5 mm dari standar supra yang mempunyai langkah 49,5
mm. Meski tidak terlacak produsennya tapi barang buatan Cina ini kurang
lebih serupa dengan yang dipasang pada bebek mocin merek Zongshen,
jialing 110 dan Kanzen 110 cc yang basis mesinnya mencontek Honda Nice
110 dari Thailand, dan terbukti laher kruk as mona ini sama dengan
bawaan grand yaitu 6304 alhasil bisa masuk tanpa kendala ke crankcase
grand termasuk poros dudukan magnet dan gigi primer pun sama. Yang jadi
masalah justru di batang penggerak pompa oli mentok lingkar kruk as
mona, dan solusinya kruk as mona tersebut harus dikecilin 3 mm agar
tidak bergesekan lagi.
2. Tips kedua pakai kruk as Jupiter-Z. Mengaplikasi kruk as Yamaha
Jupiter-Z yang mempunyai stroke 54 mm di mesin supra solusinya harus
pula mengganti crankcase kanan punya bebek Zongshen atau Jialing yang
punya pompa oli di sisi kanan. Jadi batang pompa oli bawaan Grand yang
melintang kini digusur unit pompa oli yang menyatu di crankcase kanan.
Langkah ini tak perlu ubahan susah, pertama tebal kruk as Jupiter-Z
kanan kiri dijadiin 50 mm dari 52 mm dan diameter luar dibubut 5 mm agar
muat di crankcase Grand, sekat di belakang laher kruk as harus
dihilangkan. Kemudian langkah selanjutnya ganti sepasang laher kruk as
grand dengan nomor 6204, kini mengikuti bearing bawaan Jupiter-Z yaitu
nomor 6205, selanjutnya fokus ke pasang gigi primer grand yang harus
dibikin bos adaptor agar klop dengan poros kruk as kanan jupiter-z.
Berikutnya lubang spi di poros kruk as kiri dibikin ulang dengan mencari
titik top sesuai bawaan Grand. Supaya tidak getar di rpm atas, pasang
balancer seberat 700 gram di samping gigi primer.
Mesti kelihatanya ribet, trik naik stoke pada mesin honda gampang di upgrade, apalagi kalau dibarengi sama bore up,porting,ganti klep dan noken as kustom maka akan serasa naik kuda jingkrak
sumber dari http://motorexs.blogspot.com/2011/05/tips-naik-stroke-pada-honda-supra.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar